Komitmen Tinggi NTB untuk Sukseskan Program KB

In berita ind

Bersamaan dengan momentum Hari Kesehatan Nasional yang diselenggarakan pada beberapa waktu lalu, pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat menunjukkan komitmennya untuk mensukseskan program KB di wilayahnya.

Buktinya pada momen tersebut, pemerintah NTB meresmikan Kelompok Kerja Advokasi KB di tingkat provinsi atau yang dikenal dengan sebutan Provincial Working Group (PWG). PWG merupakan wadah untuk mengkoordinasikan program KB dan kependudukan, dimana anggotanya berasal dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di bidang KB.

Dalam jumpa pers, Kadikes NTB, Eka Junaidi menyatakan bahwa saat ini program kesehatan menjadi salah satu program prioritas provinsi tersebut. Saat ini NTB sedang gencar melakukan edukasi kepada masyarakat untuk perilaku hidup bersih dan sehat.

Menurutnya, dalam lima tahun terakhir derajat kesehatan masyarakat NTB mengalami peningkatan. Hal tersebut terlihat dari menurunnya angka Kematian Bayi menjadi 57/1000 kelahiran pada 2012 dari 72/1000 kelahiran pada 2007 lalu. Selain itu, Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) tahun 2013 mencatat bahwa NTB berada di posisi 19 dari 34 provinsi di indonesia.

Disisi lain, sebagai mitra NTB dalam mesukseskan program KB, YCCP yang diwakilkan oleh Manager Program AFP dan ICCM, Dini Haryati mengungkapkan bahwa melalui program ICCM yang dijalankan oleh YCCP, saat ini lambat laun peningkatan program KB di NTB semakin nyata terlihat. Bisa dilihat dari adanya peningkatan pengguna KB, khususnya KB-MKJP. Disamping itu saat ini tim advokasi Kb juga telah terbuktuk secara resmi di tiga kabupaten NTB, yaitu (Lobar, Lotim, dan Sumbawa).

Kedepannya semua pihak berharap bahwa program KB di Provinsi NTB bisa berjalan dengan baik, bahkan pada tahun 2016 ini capaian KB dapat semakin meningkat. Yulhaida/Cheerli

Recent Posts